Watch Out

Life is a story of never ending adventure, and earth is the frame. Make your own ...

Senin, 06 Juni 2011

Tentang Snorkeling

Snorkeling adalah kegiatan rekreasi air yang populer, terutama di pantai tropis dan lokasi yang dangkal. Difinisi Snorkeling menurut wikipedia adalah kegiatan berenang atau mengapung (selam permukaan) di perairan dangkal dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Sederhananya, snorkeling itu “berenang sambil menikmati pemandangan dibawah air”



Nah, supaya kita bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan sempurna, kita harus pakai “masker” (bahasa Papuanya “Kaca Molo” = kaca untuk menyelam). Dan supaya tidak capek mengangkat kepala untuk ambil nafas saat berenang, kita pakai “Snorkel”. Snorkel itu selang yang bentuknya mirip huruf J, dibagian bawahnya ada pelindung mulut untuk digigit (seperti petinju) dan bagian atasnya menjulang ke udara. Jadi 2 alat itu wajib dipake saat snorkeling. Makanya, di toko kedua peralatan tersebut biasanya dijual dalam satu paket!

Teknik yang paling penting untuk dikuasai dalam snorkeling adalah teknik bernafas melalui snorkel. Caranya, fokuskan pikiran untuk bernafas melalui mulut saja, karena hidung sudah tertutup dengan masker kedap air, apalagi udara :D (anggaplah hidung tidak ada). Para pemula biasanya merasa sulit dan tidak nyaman karena dada akan terasa sesak. Kalau teknik pernafasan ini sudah dikuasai, yang lain tinggal mengikuti saja.

Misalnya untuk yang tidak bisa berenang, bisa memakai “baju pelampung” supaya tetap mengambang dipermukaan air. Untuk yang berenangnya lambat, bisa memakai “kaki katak” untuk meningkatkan daya dorong kaki. Untuk yang takut terluka oleh karang ataupun mahluk laut lainnya, bisa memakai sarung tangan, kaos kaki selam bahkan sampai dengan baju selam.

Mudah bukan?

Dengan snorkeling, kita bisa menikmati keindahan beraneka ragam flora dan fauna bawah laut, seperti: terumbu karang, ikan, kerang, bintang laut, rumput laut, ubur-ubur, udang, penyu dsb. Tapi perlu di ingat, atas nama tortuis, eh maksudnya demi keamanan dan keselamatan, kegiatan snorkeling tidak disarankan untuk dilakukan seorang diri, melainkan bersama teman atau secara berkelompok. 

1 komentar:

  1. Tapi teknik utama dari snorkeling adalah pernafasan malalui snorkel. Jadi baca dulu ulasan "tentang snorkeling" ya.

    BalasHapus