Watch Out

Life is a story of never ending adventure, and earth is the frame. Make your own ...

Kamis, 09 Juni 2011

Raja Ampat

Tempat Terbaik Untuk Snorkeling dan Diving


Tempat terbaik di dunia untuk snorkeling dan diving adalah di Raja Ampat. Benarkah?  Mari kita ikuti ulasan berikut.  Raja Ampat disinyalir memiliki keragaman hayati yang tidak terdapat di tempat lainnya diseluruh dunia. Lebih banyak jenis ikan, lebih banyak jenis terumbu karang (coral).



Pada tahun 2002, sebuah survey dilakukan oleh Nature Conservancy di kepulauan Raja Ampat untuk mengumpulkan informasi dari ekosistem, dan hutan mangrove disana. Hasil survey itu mengejutkan, karena telah ditemukan sebanyak 537 jenis terumbu karang, atau sebanyak 75% dari jenis terumbu karang dunia. Selain itu, ditemukan juga 1.074 spesies ikan, bahkan pada survey lainnya menyebutkan hampir 1.300 spesies ikan disana. Menakjubkan ! Itu baru di tahun 2002-an lho. Saya yakin saat ini sudah ditemukan lebih banyak lagi spesia ikan dan karang disana.



Sebelumnya. banyak ahli yang berpendapat bahwa tempat terbaik untuk snorkeling dan diving adalah di “Palau”. Namun belakangan, mereka menyatakan bahwa Raja Ampat lebih baik!  Salah satu alasannya adalah karena wilayah tersebut “terisolasi”. Selama 10 hari melakukan perjalanan mengelilingi wilayah Raja Ampat (tahun 2002), mereka tidak menemukan adanya turis, penyelam, perusahaan eksplorasi, ataupun siapapun, kecuali penduduk asli di beberapa kampung kecil yang sangat menghargai alamnya. Sebagian dari mereka memiliki aturan adat yang ketat dalam menjaga kelestarian alamnya.

Raja Ampat merupakan kepulauan yang terletak di bagian barat pulau New Guinea (Papua). Raja Ampat (berarti - Empat Raja) terdiri dari sekitar 1500 pulau kecil, laut tebing, dan pantai karang yang mengelilingi empat pulau besar bernama “Misool”, “Salawati”, “Batanta”, dan “Waigeo”.



Sebagian besar pulau-pulau itu berupa bebatuan (gamping), tebing, lubang/gua yang terpahat secara alamiah oleh ombak, cuaca dan beberapa oleh aktifitas vulkanik dimasa lampau. Semua daerah tertutup oleh pepohonan berwarna hijau yang seperti layaknya daerah papua lainnya.



Indah kan? Nah kapan kita menuju kesana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar