Watch Out

Life is a story of never ending adventure, and earth is the frame. Make your own ...

Rabu, 08 Juni 2011

Keamanan Saat Snorkeling

Kali ini akan kita bahas hal-hal yang harus dilakukan agar aman saat melakukan snorkeling. Hal paling penting yang harus diingat adalah “Jangan snorkeling sendirian!”. Dengan adanya teman, kita bisa saling mengawasi, mengingatkan dan saling menolong satu dengan lainnya.


Perhatikan keadaan sekeliling. Amati keadaan pantai, karang, bebatuan, ombak dan cuaca sebelum anda turun kedalam air. Pastikan semuanya tidak memiliki potensi yang membahayakan anda.



Jangan menyentuh mahluk air sembarangan. Baik karang, ikan dan sebagainya, karena mereka memiliki kemampuan mempertahankan diri saat merasa terancam yang bisa membahayakan anda. Jagalah jarak terhadap benda2 yang belum anda kenali dan jangan membuat gerakan yang mendadak yang bisa mengkagetkan mereka.

Jangan terlalu jauh dari pantai, sehingga kita dengan mudah bisa kembali ke pantai saat kelelahan, kedinginan ataupun terluka. Daerah pinggiran pantai cenderung memiliki air yang labih hangat sehingga kita tidak mudah lelah, selain juga lebih aman dari jangkauan hewan laut yang berbahaya.

Perkirakan kekuatan anda. Snorkeling memang sangat menyenangkan, kadang membuat kita  memaksa diri untuk mengeksplorasi area yang lebih luas lagi tanpa menghiraukan rasa lelah. Tapi ingat, air  dapat membuat anda jauh lebih cepat lelah dan dingin bisa menimbulkam hipotemia. Jadi jangan merasa kuat dan beristirahatlah sesekali untuk mengembalikan stamina sebelum melanjutkan ber-snorkeling lagi.

Persiapkan perlengkapan P3K. Kecelakaan bisa saja terjadi kapan saja, entah tergores, tertusuk, kram, luka benturan, dsb. Semua hal tersebut harus diantisipasi dengan peralatan secukupnya.

3 komentar:

  1. Ingin rasanya ikut nyelam,tapi di darah saya pantainya tdk bersih,,blognya bagus gan..

    BalasHapus
  2. Ingin rasanya ikut nyelam,tapi di darah saya pantainya tdk bersih,,blognya bagus gan..

    BalasHapus
  3. salam, dimanakah saya bisa mendapatakan pelampung seperti gambar di atas, trims

    BalasHapus